Teh Talua, Minuman Dari Barat Sumatera

Bagi yang pernah pergi ke barat Pulau Sumatera, tentu mengenal teh talua. Ya, teh sensasional ini memang jagoan dari ranah minang yang kaya protein dan dipercaya bisa mendongkrak vitalitas pria.

Teh talua adalah minuman khas Provinsi Sumatera Barat yang sudah terkenal seantero nusantara. Minuman yang terbuat dari kuning telur ayam kampung yang diaduk bersama larutan teh hitam. Campuran kuning telur dan teh tersebut diaduk dengan gula pasir dan susu kental manis lalu diseduh dengan air mendidih yang baru direbus. Beberapa kedai menyediakan potongan jeruk lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan amis teh talua yang berasal dari kuning telur.

Di Sumbar, minuman ini biasanya ditawarkan kedai-kedai mungil di pelosok-pelosok desa. Teh Talua enak dinikmati pada pagi hari saat sarapan, atau pun malam hari usai pulang kerja. Rasanya, jangan tanya. Minuman tersebut bisa dibilang luar biasa tanpa cela, meski baru tegukan pertama.

Jika tidak mau tertipu, Anda dianjurkan tidak hanya mengandalkan lidah ketika menenggak minuman istimewa ini. Pasalnya, ketika menyerumput lembut sensasi rasanya mirip cokelat panas. Tetapi rasanya jauh lebih luar biasa.

Kunci kenikmatan minuman ini terletak pada kualitas bahan-bahan dalam ramuan tersebut. Semua pantang menggunakan bahan kelas dua.

Cara Membuat
Di kota-kota besar seperti Jakarta, jarang ada yang menjual teh talua. Namun, Anda tak perlu repot-repot melawat ke Sumbar hanya untuk menikmati sensasi teh talua. Coba saja bikin sendiri minuman yang awalnya diperuntukkan kepada kalangan petani tersebut.

Siapkan gelas dan masukan satu sendok makan gula pasir, dan campurkan dengan bagian kuning telur ayam kampung. Lalu kocok campuran tersebut hingga merata dengan pengaduk tradisional yang terbuat dari batang-batang lidi yang disatukan --para penjual di perkotaan Sumbar biasanya sudah menggunakan pengaduk dari bahan stanlis-- lalu kocok selama tiga menit hingga mengembang.

Langkah selanjutnya, takar teh bubuk dalam penyaring. Sebisa mungkin jangan gunakan teh celup karena rasanya tidak akan maksimal. Lalu seduh dengan air mendidih yang baru direbus, masukan air sedikit demi sedikit hingga cairan coklat pekat mengucuri adonan.

Untuk mendapatkan sensasi manis dan gurih, taburi susu kental manis di atas racikan tersebut, hingga terbentuk tiga lapisan warna dalam gelas. Putih susu di dasar teh, cokelat teh di tengah dan buih krim kekuningan di bagian atas. Jika suka, Anda bisa tambahkan kayu manis untuk menambah harum racikan tersebut. Langkah terakhir, tunggu apalagi, seruput lembut teh talua Anda hingga tandas.