Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Ingkung Ayam Empuk Khas Jogja

Resep Ingkung Ayam - Warisan kuliner nusantara yang satu ini sudah sangat terkenal hingga masa kini. Ingkung Ayam merupakan masakan tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Ingkung Ayam adalah ayam utuh yang dimasak dengan kondisi ayam yang masih utuh namun sudah dibersihkan bulu dan isi jeroan ayamnya. 

Dengan menggunakan bumbu rempah yang komplit untuk membuat Ingkung Ayam mampu menciptakan rasa masakan yang luar biasa. Yidak heran jika banyak orang yang menyukainya. Dari masa nenek moyang kita masakan ini mungkin sudah dikenal, namun menurut kisah sejarahnya masakan Ingkung Ayam adalah salah satu masakan khas yang berasal dari wilayah Yogyakarta yang sudah dikenal sejak masa mataram mulai berdiri. 

Dahulunya Ingkung Ayam merupakan masakan wajib di dalam acara sakral dan penting seperti sedekah, kenduri, dll. Selain itu Ingkung Ayam dahulunya dinikmati dengan berbagi, sehingga semua orang kebagian jatahnya hanya sedkit. Menurut cerita, Ingkung Ayam adalah makanan paling enak dimasa lampau.

Bagi anda yang hidup di wilayah desa yang masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan nenek moyang, biasanya selalu membuat Ingkung Ayam di berbagai acara penting. Namun sekarang masakan Ingkung Ayam juga dapat kita jumpai di resto-resto besar tentunya dengan harga yang lumayan mahal. 

Bagi anda yang ingin merasakan kenikmatan Ingkung Ayam, saat ini sudah tidak perlu khawatir harus menunggu lama hingga ada acara penting baru ada dan tidak perlu takut juga untuk membayar mahal hanya demi ingin menikmati kelezatannya. Karena kami akan menyajikan resep lengkap dan rahasia masak bagaimana Membuat Ingkung Ayam yang empuk dan enak dengan bumbu rempah yang komplit.

Hanya di zonamakan.blogspot.com yang menyajikan resep-resep lengkap pilihan yang akan kami sajikan khusus untuk anda. Setelah kami berbagi Cara Membuat Bubble Drink Sehat Enak kini kami menyajikan Resep Masakan Nusantara. Silahkan simak Resep Ingkung Ayam berikut ini.

Resep Ingkung Ayam
Resep Ingkung Ayam

Bahan Ingkung Ayam :

  1. 1 ekor ayam kampung utuh
  2. 2 sdm air jeruk nipis
  3. 1 sdm garam
  4. 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  5. 4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Halus Ingkung Ayam :

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah keriting
  4. 5 butir kemiri, sangrai
  5. 4 cm kunyit, bakar
  6. 1 sdm garam

Bumbu Pelengkap Ingkung Ayam :

  1. 2 lembar daun salam
  2. 4 lembar aun jeruk purut
  3. 2 batang serai, memarkan
  4. 4 cm jahe, memarkan
  5. 4 mata asam jawa, seduh air panas, saring
  6. 4 sdm irisan gula merah

Cara Membuat Ingkung Ayam :

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan 15 menit. Cuci kembali hingga bersih.
  2. Sayat sedikit bagian paha ayam, masukkan salah satu ceker ayam ke dalamnya. Ikat kepala dan sayap ayam menggunakan benang kasur hingga kepalanya bisa tegak, sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum.
  4. Masukkan ayam, santan, air asam, dan gula merah. Masak hingga ayam empuk, angkat.
Nikmati Ingkung Ayam selagi hangat dengan nasi uduk atau nasi putih yang pulen. Demikian Cara Membuat dan Resep Ingkung Ayam yang enak dan lezat. Anda dapat menyajikan Ingkung Ayam ini di berbagai momen penting anda atau sebagai sajian istimewa pada saat menghabiskan waktu wekeend bersama keluarga. Silahkan anda mencobanya di dapur kesayangan anda. Semoga bermanfaat
    Mang Aip
    Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

    Posting Komentar untuk "Resep Ingkung Ayam Empuk Khas Jogja"

    Website Instan