Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Kue Jahe, Menu Wajib Hari Natal

Resep Kue Jahe - Bagi umat yang beragama Kristen pasti sudah tidak asing lagi dengan sebuah makanan kecil yang bernama Kue Kering Jahe atau Ginger Bread Cookies, karena menu cemilan ini merupakan salah satu Menu Wajib Hari Natal yang selalu jatuh di tanggal 25 desember setiap tahun. Menurut sejarah singkatnya, asal mula adanya Kue Jahe Natal ini yaitu hadir sekitar abad ke 13 ada seorang kaum kristen dari Jerman yang datang ke Perancis dan membawa Kue Jahe Natal kemudian ia mengajarkan, bagaimana Resep Kue Jahe atau Gingerbread Cookies kepada para pendeta di Perancis dan kaum kristennya. Hingga pada saat itu para imigran Jerman membawa kue gingerbread ke negara Swedia.

Di negara-negara Eropa, perayaan Natal memang identik dengan musim dingin yang memang jatuh pada bulan Desember tepatnya tanggal 25. Karena Hari Natal bertepatan dengan kondisi cuaca pada musim dingin maka tidak heran jika di negara-negara Eropa identik dengan kue-kue berbahan rempah seperti kayu manis, jahe, dan lain-lain. Oleh karena itu Resep Kue Jahe menjadi salah satu andalan Kue terfavorit saat Natal.

Resep Kue Jahe adalah Kue Kering yang terbuat dari campuran Jahe dan bahan kue lainnya, kemudian Kue Jahe tersebut di bentuk sedemikian rupa sehingga berbentuk unik dan sangat kental dengan suasana Natal. Resep Kue Jahe menggunakan bahan manis alami seperti gula dan cokelat sehingga sangat aman dikonsumsi oleh semua orang.

Meskipun Resep Kue Jahe merupakan salah satu Menu Wajib Hari Natal, bukan berarti bagi agama lain tidak boleh ikut memakannya. Karena rasanya yang manis, gurih, ditambah hangatnya rasa Jahe dan wangi aroma Jahe dicampur kayu manis yang khas membuat semua orang ketagihan untuk menyantapnya.

Cara Membuat Kue Jahe sangatlah mudah, bahan dan alat yang digunakan juga tersedia di berbagai toko alat dan bahan roti terdekat. Selain itu ubtuk pembentukan Kue Jahe agar unik dan lucu serta bervariasi, maka anda dapat menggunakan cetakan Kue Kering yang bertema Natal. Biasanya berbentuk pohon Natal, kado Natal, kaos Kaki Natal, hingga Boneka Salju Natal. 

Penasaran bagaimana Cara Membuat Kue Jahe dengan mudah dan praktis, untuk hari spesial anda bersama keluarga dan rekan saat Natal tiba besok? Kami akan berbagi Resep Kue Jahe renyah gurih dan nikmat untuk anda semua. Simak baik-baik resep spesial untuk anda, Resep Kue Jahe Menu Wajib Hari Natal berikut ini.
Resep Kue Jahe
Resep Kue Jahe

Bahan Resep Kue Jahe :

  1. Sediakan 250 gr tepung
  2. Sediakan 100 gr butter (dalam suhu ruangan)
  3. Sediakan 125 gr gula palem
  4. Sediakan 50 gr gula halus
  5. Sediakan 1 sdt bubuk kayumanis
  6. Sediakan 2 sdt bubuk jahe
  7. Sediakan 1/2 sdt soda kue
  8. Sediakan 2 butir telur
  9. Sediakan 4 sdm madu

Cara Membuat Resep Kue Jahe :

  1. Langkah pertama, campurkan tepung dengan soda kue, bubuk jahe, dan kayumanis kedalam satu wadah sambil diaduk perlahan hingga merata.
  2. Kemudian masukkan butter dan aduk dengan garpu hingga seperti pasir halus dan merata.
  3. Selanjutnya tambahkan gula palem dan gula halus yang sebelumnya sudah diayak dan aduk hingga rata.
  4. Campurkan telur dengan madu lalu kocok lepas. Masukan adonan telur ke dalam adonan tepung dan aduk terus dengan sendok kayu hingga adonan menyatu dan merata. Lalu, diamkan adonan selama 30 menit (tutupi wadah adonan dengan kain/serbet yang bersih dan higienis).
  5. Kemudian, gulung adonan setebal kurang lebih 1/2 cm, kemudian cetak dengan cetakan bentuk Natal seperti manusia jahe, malaikat, bintang, pohon natal, snowman, (sesuai selera). Susun di atas loyang yang sebelumnya telah dilapisi kertas minyak/kertas roti dan telah diolesi mentega secara tipis (gunanya agar tidak menempel saat dipanggang)
  6. Lalu, panggang adonan yang telah dicetak diloyang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 12 menit hinga matang kecoklatan. Setelah matang, keluarkan dan dinginkan.
  7. Terakhir, hias Kue Jahe nya dengan royal icing menurut selera ­ dan keringkan sebentar. 
  8. Sajikan di dalam toples cantik koleksi anda. 
Jika anda merasa repot untuk membuat Royal Icing sendiri di rumah, maka anda dapat menggunakan Royal Icing Instant namun terkadang susah di dapat, sehingga saran kami membuatnya sendiri di rumah. Anda dapat menghias Kue Jahe dengan berbagai macam warna dan bentuk hiasan yang anda suka. 

Buatlah Resep Kue Jahe dengan hiasan secantik mungkin, agar semua orang yang melihat hasil Kue Jahe buatan tertarik untuk mencicipinya tanpa ragu-ragu. Jika tampilan Kue Jahenya cantik, tentu akan memancing banyak perhatian orang terutama anak kecil. 

Cemilan enak, sehat dan berkualitas ddi hari yang istimewa tentunyamenjadi pilihan yang sangat tepat untuk melengkapi Perayaan Natal anda. Demikian Cara Membuat dan Resep Kue Jahe Natal yang enak dan cantik. Sebelumnya kami telah memberikan salah satu resep Kue Tradisional yang masih terjaga kelestariannya hingga sekarang yaitu Resep Kue Galundeng Asli Banyumas yang berasal dari Kota Satria. 

Terus nantikan kehadiran kami dengan menu-menu enak dan unik lainnya hanya di zonamakan.blogspot.com dan jangan lupa cobalah praktekan resep-resep kami bersama keluarga dan rekan anda di rumah, share bila artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih dan selamat mencoba

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Resep Kue Jahe, Menu Wajib Hari Natal"

Website Instan