Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Tempe Bacem Masakan Khas Indonesia

Resep Tempe Bacem - Kali ini kami akan memperkenalkan masakan asli dari Indonesia yang sudah ada sejak jaman sebelum negara ini merdeka. Resep warisan nenek moyang yang hingga sekarang masih dilestarikan adalah Resep Tempe Bacem. Resep Tempe Bacem ini merupakan makanan khas dari pulau jawa, karena sudah menjadi ciri khas orang Jawa bahwa semua makanannya pasti lebih mendominasikan rasa manis.

Seperti pada Resep Tempe Bacem ini, juga memiliki rasa masakan yang legit dan terasa sekali rempah-remahnya. Proses pembuatan Resep Tempe Bacem sangatlah sederhana sehingga sangat mudah untuk ditiru oleh para pemula yang ingin mencoba memasak Tempe Bacem. Resep Tempe Bacem Khas Jawa ini kini menjadi masakan yang dirundakan oleh banyak orang, karena di masa modern ini kebanyakan orang lebih memilih mengkonsumsi masakan junkfood atau siap saji, sehingga Masakan Nusantara mulai tersingkir oleh jaman.

Namun tidak perlu khawatir, bagi kalian yang sudah pernah merasakan kelezatan Tempe Bacem itu seperti apa, dan ingin membuatnya tetapi tidak tau bagaimana caranya? Silahkan ikuti step by step dari kami di zonamakan secara jelas. Disini akan kami bagikan apa saja bahan dan bagaimana Resep Tempe Bacem yang enak dan gurih sehingga, kalian dapat mempraktekkannya sendiri di rumah.

Rasanya yang manis legit, asin gurih, ada sedikit pedas, dan setelah digigit ternyata empuk menjadikan Resep Tempe Bacem ini wajib anda coba. Karena Tempe Bacem cocok sekali untuk menu sarrapan, makan siang ataupun makan malam. Memakan Bacem Tempe tidak akan membuat kita gemuk, dengan catatan tau porsi yang cukup jangan serakah makannya. Selain itu Kandungan gizi dari bahan utama Resep Tempe Bacem adalah Tempe yang memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh.

Tempe merupakan makanan yang terbuat dari kedelai yang kemudian diolah sedemikian rupa hingga menjadi Tempe. Karena Tempe terbuat dari kedelai secara otomatis kandungan gizi kedelai masuk kedalam Tempe yaitu memiliki banyak protein, asam amino, lemak tak majemuk, niasin, omega 3 dan 6, vitamin B, mineral, dll yang sangat baik untuk tubuh kita. Tempe dapat diolah menjadi berbagai masakan yang sangat lezat, diantaranya oseng tempe, orek tempe, kering tempe, sambal tempe, tempe balado, tempe lombok ijo, perkedel tempe, telur tempe, nugget tempe, mendoan, gorengan, dll masih banyak lagi, dan kali ini kami akan mengolah Tempe menjadi Bacem Tempe.

Resep Tempe Bacem merupakan resep tradisional yang sangat spesial dan wajib dilestarikan, karena rasanya benar-benar tidak mengecewakan bahkan akan membuat kalian ketagihan. Cara Membuat Resep Tempe Bacem sangatlah mudah dan praktis, semua bahan yang dibutuhkan dapat anda temui di pasar, supermarket, hingga warung tradisional. Langsung saja mari simak baik-baik Resep Tempe Bacem Masakan Khas Indonesia di bawah ini secara lengkap.
Resep Tempe Bacem
Resep Tempe Bacem

Bahan Resep Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa :

  1. Siapkan 400 gr tempe (potong sedang sesuai selera)
  2. Siapkan 300 ml air
  3. Siapkan 1 sendok makan gula merah
  4. Siapkan 1 sendok makan air asam
  5. Siapkan garam, gula pasir dan kecap manis, secukupnya (sesuaikan dengan selera)
  6. Siapkan 2 lembar daun salam
  7. Siapkan 2 cm lengkuas, geprek
  8. Siapkan minyak goreng (untuk menggoreng)

Bumbu Halus Resep Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa :

  1. Siapkan 4 butir bawang merah
  2. Siapkan 3 siung bawang putih
  3. Siapkan 1/2 sdt ketumbar
  4. Siapkan 2 butir kemiri

Cara Membuat Resep Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa :

  1. Langkah pertama, campurkan bumbu halus dengan air, gula merah, asam, gula, garam, dan kecap manis di dalam wajan atau panci (gunakan api sedang). Masukkan tempe, susun dan ratakan hingga kerendam bumbu, tambahkan daun salam dan lengkuas.
  2. Kemudian masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan air menyusut. Angkat dan dinginkan.
  3. Panaskan minyak lalu goreng tempe hingga berwarna coklat gelap. Angkat, tiriskan dan hidangkan.

Bahan Resep Tempe Bacem Dengan Air Kelapa :

  1. Siapkan 400 gram tempe, potong sesuai selera
  2. Siapkan 800 ml air kelapa
  3. Siapkan 100 gram gula merah, sisir
  4. Siapkan 2 sdm kecap manis
  5. Siapkan 1 lembar daun salam
  6. Siapkan 1 cm lengkuas, memarkan
  7. Siapkan 1/2 sdt garam
  8. minyak goreng (untuk menggoreng)

Bumbu Halus Resep Tempe Bacem Dengan Air Kelapa :

  1. Siapkan 6 butir bawang merah
  2. Siapkan 4 siung bawang putih
  3. Siapkan 1/2 sdm ketumbar
  4. Siapkan 3 batang serai, ambil putihnya

Cara Membuat Resep Tempe Bacem Dengan Air Kelapa :

  1. Langkah pertama, ungkep atau rebus tempe bersama air kelapa, gula merah, kecap manis, daun salam, lengkuas, garam, dan bumbu halus sampai matang dan meresap. Lalu tiriskan.
  2. Panaskan minyak, lalu goreng tempe yang sudah direbus tadi di atas api sedang hingga kecokelatan. Angkat, tiriskan dan hidangkan.
Resep Tempe Bacem spesial kami hadirkan ke dalam dua versi yaitu versi Resep Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa, resep yang cocok untuk anda yang merasa kesusahan mencari air kelapa dan menginginkan bahan seadanya saja. Sedangkan untuk versi lainnya adala Resep Tempe Bacem Dengan Air Kelapa, meskipun memiliki bahan yang lebih banyak jenisnya namun rasa dari Tempe Bacemnya akan lebih terasa gurihnya yang menggunakan Air Kelapa karena sari kelapa yang dihasilkan akan terserap ke dalam Tempe sehingga menciptakan cita rasa yang khas.

Demikian Cara Membuat Dan Resep Tempe Bacem masakan Khas Indonesia. Semoga Indonesia meskipun mengalami perkembangan jaman yang sangat pesat, akan tetap mampu melestarikan kebudayaannya dan berbagai kekayaan kulinernya, seperti Resep Tempe Bacem ini. Tempe yang menjadi warisan nusantara mampu diolah menjadi berbagai masakan dunia, sehingga wajib bagi kita untuk tetap mencintai Tempe dengan cara mengkonsumsinya sesering mungkin, karena makanan berbahan dasar Tempe sangatkan baik untuk tubuh. Selain menggunakan tempe, anda juga dapat menggantinya dengan tahu, untuk bahan lainnya dan cara membuatnya juga sama seperti Resep Tempe Bacem diatas.

Resep yang kami hadirkan sebelumnya tentu tidak kalah istimewanya dengan Resep Tempe Bacem ini, yaitu Resep Roti Canape Isi Ragout Sayur yang sangat praktis dan menyehatkan. Nantikan resep kami lainnya hanya di zonamakan pilihan para ibu memasak secara tepat. Selamat mencoba
Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Resep Tempe Bacem Masakan Khas Indonesia"

Website Instan