Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Membuat Es Cincau Hijau Praktis

Cara Membuat Es Cincau Hijau - Cincau merupakan makanan yang sangat cocok dijadikan minuman, maksudnya adalah Cincau yang memiliki fisik kenyal namun padat seperti agar-agar ini cocok dijadikan minuman penyegar sebagai campuran seperti di dalam es campur atau es Cincau, dll. Cincau memiliki dua jenis warna yaitu ada Cincau Hijau dan Cincau Hitam. Pada dasarnya Cincau Hijau maupun Cincau Hitam ini terbuat dari perasan daun Cincau yang direndam sehingga menghasikan karbohidrat yang mampu menyerap air sehingga membentuk molekul padat dan membentuk fisik yang kenyal seperti Gel atau agar-agar.

Tumbuhan yang digunakan untuk membuat Cincau Hijau ini secara bahasa botaninya bernama Cyclea Barbata Myers, yaitu tumbuhan yang memiliki warna daun hijau pucat dan pada permukaan atas daun memiliki serabut atau rambut (berbulu). Daun Cincau Hijau ini mengandung zat anti protozoa, tetrandine, alkaloid sehingga mampu untuk mencegah terserang malaria. Pada jaman dahulu, daun Cincau Hijau ini menjadi salah satu tanaman yang digunakan untuk obat diare, namun seiring berkembangnya jaman daunnya diolah menjadi sajian minuman nikmat dengan berbagai kreasi olahan masa kini.

Kasiat lainnya yang didapatkan dari Cincau Hijau yaitu sebagai antioksidan alami karena di dalamnya terdapat kandungan klorofil yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas. Selain itu juga berfungsi sebagai antibiotik untuk tubuh. Sehingga mengkonsumsi Cincau Hijau sangatlah bermanfaat dan aman. Untuk menikmati Cincau Hijau dengan berbagai sensasi rasa ada berbagai Resep Minuman Nusantara yang sangat cocok untuk dicoba. 

Aneka Kreasi Minuman yang terbuat dari Cincau Hijau sangat banyak, diantaranya yaitu Es Campur, Es Cincau Hijau, Es Shanghai, Es Serut Topping Cincau, Es Capuccino Cincau, dll. Variasi aneka minuman dengan bahan dasar Cincau Hijau dapat disesuaikan dengan selera kita masing-masing. Kali ini zonamakan.blogspot.com akan mengajak Anda untuk membuat kreasi Es Cincau Hijau dengan resep yang paling praktis, sehingga para pemula tentu bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Cara Membuat Es Cincau Hijau Praktis yang akan kami jabarkan, kami kreasikan dengan perpaduan Cincau Hijau dengan buah kelengkeng yang menyegarkan diseduh dengan gurihnya santan dan manis murni dari gula merah serta taburan es yang dingin. Cara Membuat Es Cincau Hijau yang sangat praktis ini tentu akan memberikan sensasi minuman yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan dengan bonus menyehatkan. Mari siapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan untuk Membuat Es Cincau Hijau nya di dapur kesayangan Anda semua. Berikut resep lengkapnya Cara Membuat Es Cincau Hijau Praktis yang wajib Anda coba sekarang juga.
Cara Membuat Es Cincau Hijau
Cara Membuat Es Cincau Hijau

Bahan Cara Membuat Es Cincau Hijau :

    1. Siapkan Daun Cincau Hijau 30 lembar (cuci bersih)
    2. Siapkan Air Matang dan bersih 500 ml
    3. Siapkan Buah Kelengkeng 100 gr (kupas kulitnya, buang bijinya dan sisihkan) (optional)
    4. Siapkan Santan Kelapa 300 ml
    5. Siapkan Daun Pandan 2 lembar (ikat jadi tali simpul)
    6. Siapkan Gula Merah 150 gr (sisir halus) (bisa diganti pakai sirup merah)
    7. Siapkan Air Bersih 100 ml
    8. Siapkan Es Serut 500 gr

    Cara Membuat Es Cincau Hijau :

      1. Langkah pertama, masukkan daun cincau kedalam baskom / wadah besar, kemudian tambahkan air bersih secara perlahan sambil daun cincaunya diremas – remas sampai airnya berubah menjadi kental seperti berlendir.
      2. Setelah itu sediakan wadah bersih lagi lalu tuangkan air remasan tadi kedalam wadah tersebut dengan cara menaruh saringan diatas wadah tersebut (saring air perasan hingga tersaring lembut) dan buang bekas remasan daun cincaunya. Tutup wadah yang berisi air remasan Cincau yang sudah disaring, diamkan selama kurang lebih 6 jam atau semalaman hingga Cincau benar-benar kenyal seperti agar-agar (tidak cair).
      3. Buat langkah selanjutnya setelah Cincau Hijau benar-benar jadi agar santan tidak basi : Langkah selanjutnya tuangkan santan kelapa kedalam panci, kemudian rebus sampai mendidih.
      4. Kemudian masukkan daun pandan yang telah ditali simpul aduk kembali santan hingga rata dan masak terus hingga mengeluarkan aroma sedap dari pandan. Angkat dan sisihkan.
      5. Lalu didalam wadah lain rebus juga air bersih dan gula merah sambil diaduk hingga merata, gula merah larut dan menjadi kental. Angkat.
      6. Selanjutnya ambil gelas saji, lalu masukkan Cincau Hijau yang sudah jadi, kelengkeng yang sudah dibuang bijinya, tuangkan rebusan gula merah dan es yang telah diserut, kemudian terakhir siram dengan air rebusan santan kelapa diatasnya. Hidangkan selagi dingin.
      Segera nikmati Es Cincau Hijau selagi es masih terasa dingin. Minuman ini sangat cocok dihidangkan saat siang hari ketika terik matahari sedang menghampiri, atau bisa juga pada saat sore hari ketika sedang istirahat, bersantai sejenak karena seharian menghabiskan rutinitas di sekolah, kantor, atau di tempat kerja lainnya. Tentu akan sangat nikmat jika menyantapnya dengan ditemani pasangan atau keluarga tersayang. 

      Biasanya kalau di perumahan atau pasar, pedesaan, dan komplek perkantoran, serta sekolah ada yang jual Es Cincau Hijau dengan harga beragam sekitar 1000-3000 rupiah. Namun tidak ada salahnya untuk Membuat Es Cincau Hijau sendiri di rumah agar lebih mantap dan puas karena lebih bisa mengetahui kualitas bahan yang digunakan dan lebih bisa mengukur kepuasan selera rasa yang diinginkan. 

      Demikian Resep Dan Cara Membuat Es Cincau Hijau Praktis dari kami yang wajib Anda coba di dapur kesayangan Anda. Sebelumnya zonamakan.blogspot.com menuliskan Resep Masakan Nusantara yang cocok menjadi teman menikmati kesegaran Es Cincau Hijau ini, yaitu Resep Mie Kocok Khas Bandung Asli yang sangat rekomended untuk dicoba. Selain itu masih ada berbagai menu resep lainnya yang telah kami saikan untuk Anda para pecinta kuliner. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat
      Mang Aip
      Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

      Posting Komentar untuk "Cara Membuat Es Cincau Hijau Praktis"

      Website Instan