Cara Membuat Pepes Ikan Daun Kemangi

Zaen Muhibulloh February 20, 2018 Resep Masakan Nusantara

Cara Membuat Pepes Ikan - Kuliner yang akan kami sajikan resepnya kali ini adalah Pepes yang merupakan salah satu masakan asli Indonesia, terutama daerah Sunda. Cita rasa Pepes yaitu ada rasa gurih pedas, sangat cocok bagi keluarga Indonesia yang menyukai kuliner berbahan dasar sambal.

Biasanya Proses pembuatan Pepes yaitu melalui proses kukus, & bukan digoreng, sebagai akibatnya membuat kandungan gizi menurut bahan Pepesnya tidak hilang karena proses pemasakan. Isi berdasarkan Pepes umumnya ikan, daun kemangi, bumbu rempah, & daun singkong. Masakan ini menciri khas kan kuliner Sunda.

Pepes yang terbuat berdasarkan bahan dasar ikan ini dinamakan dengan masakan Pepes Ikan. Ikan yg digunakan untuk membuat Pepes Ikan masih ada beberapa jenis yang bisa memakai misalnya Ikan patin, Ikan kembung, Ikan mas, Ikan nila, dan jenis Ikan lainnya, diutamakan yang memiliki tekstur daging Ikan yang cenderung kemarau setelah dimasak, nir lembek misalnya gurameh, jadi hindari Ikan yang berterkstur lembek setelah dimatang.

Di  warung-warung makan Sunda atau Sundaan yang ada di sekitar kita tentu menu Pepes Ikan menjadi sebuah andalan karena banyak yang menggemari Masakan khas Sunda ini. Selan enak juga sehat, karena tidak terkena minyak dalam proses pemasakan sehingga tidak terdapat lemak jenuh yang dapat membahayakan tubuh kita.

Cara Membuat Pepes Ikan tidaklah sulit, asalkan pandai memilih Ikan yg akan digunakan & memahami resep rahasianya bagaimana cara mengolah Pepes Ikan supaya tidak amis atau anyir. Kami punya penyelesaiannya buat para wanita lajang & para mak dirumah. Resep istimewa Cara Membuat Pepes Ikan yg digemari orang-orang disekitar anda.

Bagi anda yg getol pedas dapat membuat Pepes Ikan yg pedas

Mari para bunda merapat di resepalmaidah.blogspot.com kami akan berbagi Resep Membuat Pepes Ikan yang wangi enak dan lezat dengan cara yang mudah. Silahkan simak dengan seksama dan praktekkan dengan segera di rumah, Cara Membuat Pepes Ikan daun kemangi istimewa.

Cara Membuat Pepes Ikan
Cara Membuat Pepes Ikan

Bahan Pepes Ikan :

  1. 1 ekor ikan mas berukuran 0, 5 kg (cuci bersih)
  2. 15 lembar daun kemangi segar yang telah dicuci bersih
  3. 3 lembar daun salam
  4. Tomat hijau iris dengan ketebalan sedang
  5. Daun pisang yang telah dijemur sebentar di bawah sinar matahari agar daunnya sedikit lemas dan mudah dibentuk
  6. Tusukan gigi untuk penyemat

Bumbu Pepes Ikan yang di Haluskan :

  1. 1 ruas jari kunyit
  2. 3 butir kemiri
  3. 3 siung bawang merah
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1 sendok teh garam
  6. Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Pepes Ikan :

  1. Haluskan bahan-bahan yang perlu dihaluskan dengan menggunakan cobek atau blender, setelah halus, lumurkan bumbu pada ikan.
  2. Sementara itu, siapkan kukusan dengan mendidihkan air untuk bagian bawahnya;
  3. Siapkan daun pisang yang telah bersih dan lemas, beri sebagian daun kemangi yang telah siap, potongan tomat hijau, dan daun salam;
  4. Letakkan ikan yang telah dilumuri bumbu halus, kemudian tutupi dengan sisa daun kemangi, potongan tomat, dan daun salam, bila masih ada sisa bumbu;
  5. Bungkus ikan dengan rapi, sematkan 1 bagian dengan tusuk gigi, sementara masukkan sisa bumbu halus dari sisi yang lain, kemudian tutup dengan tusuk gigi, pastikan daun tidak bocor. Jika perlu Anda bisa mendobel daun pisang yang digunakan untuk membungkus;
  6. Cek kukusan, bila air telah mendidih, masukkan ikan, kukus hingga matang;
  7. Siapkan panggangan, bakar ikan yang telah dikukus matang dan masih lengkap dengan bungkusan daun pisangnya di atas bara api, hingga aromanya keluar, matikan api. Sajikan

Sajikan Pepes Ikan dengan nasi hangat dan sambal kecap, dijamin bakal membuat anda ketagihan membuatnya sendiri. Demikian Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan yang lengkap enaknya. Jangan lupa praktekkan juga resep kami lainnya yaitu Resep Udang Saus Tiram Ala Restoran juara rasa kuliner Seafood. Nantikan resep kami lainnya. Silahkan mencoba.