Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Bakso Urat Sapi Spesial Segar

Zaen Muhibulloh February 20, 2018 Resep Masakan Nusantara

Resep Bakso Urat Sapi Spesial - Masih ketemu lagi di resepalmaidah.blogspot.com, setelah sebelumnya kami berbagi rahasia dari Resep Fried Chicken Crispy Ala KFC sekarang saatnya kami berbagi resep asli ala Indonesia yaitu Resep Bakso Urat Spesial. Bakso merupakan salah satu menu asli Made in Indonesia yang berbentuk bukat kecil menyerupai bola pingpong. Di seluruh Indonesia makanan bakso sudah sangat dikenal meskipun dengan nama yang berbeda-beda, seperti di Kalimantan nama bakso lebih dikenal dengan nama pentol.

Bakso umumnya dilengkapi menggunakan kuah segar yg panas memakai isi mie kuning, mie sohun, bawang goreng, seledri

Kreasi bakso sangat beragam, dari mulai bentuk dan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Macam-macam bakso ada bakso halus, bakso urat, dan bakso daging sapi, bakso ayam, dan masih banyak lainnya. Bentuk bakso juga beragam, ada bakso yang berbentuk menyerupai bola pingpong, bakso jumbo menyerupai bola tenis, ada bakso segitiga, bakso kotak, dan masih banyak lagi. Macam-macam rasa dan bentuk dari bakso sebenarnya di kreasikan dengan tujuan untuk membuat sensasi baru dalam dunia kuliner.

Kebanyakan orang biasanya lebih menggemari Bakso Urat yang memiliki cita rasa yang khas, karena apabila dimakan tidak hanya kenyal biasa namun juga ada rasa keras dan terasa ada seratnya. Bakso Urat dapat anda nikmati kapan saja entah itu pagi,siang atau malam. Rasa segar dari kuahnya sangat menambah selera makan anda, rasa rempah-rempah dari kuah dan Bakso Urat pasti terasa nikmat.

Bakso Urat terbuat dari urat sapi, usahakan memakai urat sapi yang masih segar sehingga menghasilkan rasa Bakso Urat Sapi yang enak. Perpaduan dari tepung dan urat sapi menghasilkan bakso yang luar biasa. Sajian istimewa dari Bakso Urat Sapi sangat cocok disajikan pada saat acara-acara penting, seperti hari pernikahan, khitanan, selamatan, dan acara lainnya, atau hanya sebatas acara kumpul keluarga juga cocok.

Dari pada membeli bakso dalam jumlah yang besar dan harganya lumayan mahal, lebih baik anda membuatnya sendiri di rumah, selain dapat meminimalisir biaya juga terasa lebih puas dengan hasil buatan sendiri. Masih bingung mau bagaimana membuatnya, apa saja bahan-bahannya, kami siap membantu anda semua terutama para ibu-ibu di rumah.

Kali ini resep yang akan kami bagikan khusus untuk para ibu-ibu pecinta masak, silahkan simak Resep Bakso Urat Sapi Spesial yang segar. Berikut persembahan Resep Bakso Urat Sapi Spesial dari kami.

Resep Bakso Urat Sapi Spesial
Resep Bakso Urat Sapi Spesial

Bahan Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. 200 gram daging sapi berurat, potong kasar
  2. 50 gram tepung tapioka
  3. 50 gram es batu, pecahkan kasar

Bumbu Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. 1 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
  2. 1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
  3. 1/2 sendok teh garam halus
  4. 1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
  5. 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu Kuah Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. 1.000 ml air
  2. 1,5 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
  3. 1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
  4. 1 sendok teh gula pasir
  5. 1 sendok teh merica bubuk
  6. 1/4 sendok teh penyedap rasa, jika suka
  7. Garam secukupnya

Pelengkap Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. Sambal rawit goreng
  2. Mie kuning, rendam di air panas, tiriskan
  3. Mie sohun, rendam di air panas, tiriskan
  4. Seledri, potong kecil
  5. Kecap manis
  6. 1 batang daun bawang, iris halus
  7. Saus sambal
  8. Saus tomat

Cara Membuat Bakso Urat Sapi Spesial:

  1. Masukkan daging, es batu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, penyedap rasa, dan garam halus dalam food processor, proses hingga halus.
  2. Masukan tepung tapioka, proses kembali hingga tercampur rata.
  3. Masukan adonan bakso pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok.
  4. Masukkan bulatan bakso pada air panas, lakukan hingga adonan habis. Masak dengan api kecil hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan.
  5. Setelah memilih bahan yang tepat, keberhasilan membuat bakso juga tergantung pada kesuksesan membuat adonan dan merebus bakso. Berikut ini kiatnya:
  6. Setelah bakso terbentuk, masukkan ke dalam air panas tidak mendidih. Setelah proses pembuatan adonan selesai, barulah direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung. Angkat lalu tiriskan.
  7. angan langsung memasukkan bulatan bakso ke dalam air mendidih karena permukaan bakso akan keriput dan kemungkinan pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.
  8. Jika akan disimpan atau tidak langsung diolah atau dimakan, siram dengan air dingin dan tiriskan kembali. Simpan dalam wadah tertutup.
  9. Sajikan bakso urat dengan kuah dan pelengkapnya.

Sajikan Bakso Urat Sapi Spesial selagi panas. Selain itu anda dapat menikmati Bakso Urat Sapi Spesial dengan meminum es teh atau es jeruk. Demikian Cara Membuat dan Resep Bakso Urat Sapi Spesial dari kami, dijamin enak dan membuat anda ketagihan. Tunjukkan kemampuan anda di dapur kesayangan anda pada keluarga di rumah. Selamat mencoba resep-resep yang kami sajikan khusus buat anda. Semoga bermanfaat

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Resep Bakso Urat Sapi Spesial Segar"

Website Instan