Resep Bolu Kukus Mekar Sprite Lembut Sederhana

Admin April 27, 2018 Resep Kue

Resep membuat bolu kukus mekar dan lembut : Merupakan bolu yang dikukus selama 10 menit untuk menghasilkan kue bolu yang mekar merekah. Adonan dasarnya sangat sederhana, tambahan sprite atau air soda yang masih fresh membuat bolu kukus sprite mudah mengembang sempurna serta anti gagal.

Resep Bolu Kukus Mekar Sprite Lembut Sederhana

RESEP BOLU KUKUS SPRITE MEKAR

Bolu kukus mekar yang lembut dan empuk merupakan aneka kue basah populer sebagai jajanan pasar yang masih sangat digemari saat ini. Selain teksturnya yang lembut, rasanya yang manis serta variasi tampilannya yang warna-warni bahkan pelangi kerap memikat bagi yang melihatnya.

Berminat ingin membuatnya sendiri pada tempat tinggal ? Berikut cara membentuk bolu kukus mekar sederhana yg sanggup sebagai patokan lantaran eksklusif sukses ngakak ketawa saat pertama kali mencoba.

  • Tepung terigu segitiga biru 275 gram
  • Sprite atau air soda 200 ml
  • Gula pasir 200 gram
  • Telur ayam 2 butir
  • Baking powder ½ sendok teh
  • Emulsifier 2 sendok teh, tbm atau pelembut kue lainnya
  • Vanili essens ½ sendok teh
  • Aneka aroma pasta untuk kreasi warna dan rasa
  1. Campur jadi satu gula pasir, telur dan emulsifier lalu kocok pakai mixer kecepatan tinggi hingga adonan menjadi kaku dan kental. Lakukan sekitar 10 menit.
  2. Masukkan campuran terigu dan baking powder yang diayak terlebih dahulu supaya tidak menggumpal, masukkan juga vanili essens kemudian tuang sprite dan aduk perlahan. Kocok lagi dengan menggunakan mixer sebentar saja hingga adonan tercampur rata.
  3. Apabila menggunakan 4 variasi warna, pisahkan masing-masing sekitar 6 sendok makan adonan untuk 3 macam warna pasta, sedangkan sisanya biarkan putih atau dengan pasta sirsak, leci atau rasa lainnya lalu aduk rata. Sementara itu panaskan kukusan dengan takaran air yang jangan terlalu banyak hingga benar-benar mendidih.
  4. Gunakan cetakan bolu kukus berlobang lalu lapisi cup kertas yang sama tinggi dengan cetakan. Tuang adonan putih ke dalam cetakan sekitar 3/4 isi dan lanjutkan dengan sedikit adonan warna lainnya secara berlapis sampai penuh atau sejajar dengan cetakan. Bisa juga dengan kreasi motif yang kita kehendaki.
  5. Masukkan cetakan ke dalam kukusan yang sudah panas dan atur jaraknya. Kukus selama 10 menit dengan api besar, tutup kukusan dengan dialasi kain serbet agar uap air tidak menetes ke kue. Resep untuk 16 buah bolu kukus.