Resep Ingkung Ayam Empuk Khas Jogja

Zaen Muhibulloh February 15, 2018 Resep Masakan Nusantara

Resep Ingkung Ayam - Warisan kuliner nusantara yang satu ini sudah sangat terkenal hingga masa kini. Ingkung Ayam merupakan masakan tradisional yang masih eksis hingga sekarang. Ingkung Ayam adalah ayam utuh yang dimasak dengan kondisi ayam yang masih utuh namun sudah dibersihkan bulu dan isi jeroan ayamnya.

Dengan menggunakan bumbu rempah yg komplit buat membentuk Ingkung Ayam bisa membentuk rasa kuliner yang luar biasa. Yidak heran bila banyak orang yang menyukainya. Dari masa nenek moyang kita masakan ini mungkin telah dikenal, namun menurut kisah sejarahnya masakan Ingkung Ayam merupakan galat satu kuliner spesial yang asal dari wilayah Yogyakarta yg telah dikenal semenjak masa mataram mulai berdiri.

Dahulunya Ingkung Ayam merupakan masakan harus pada dalam acara sakral dan penting seperti sedekah, kenduri, dll. Selain itu Ingkung Ayam dahulunya dinikmati memakai menyebarkan, sebagai akibatnya seluruh orang kebagian jatahnya hanya sedkit. Menurut cerita, Ingkung Ayam adalah makanan paling lezat dimasa lampau.

Bagi anda yang biologi pada daerah desa yg masih menjunjung tinggi nilai kebudayaan nenek moyang, umumnya selalu membentuk Ingkung Ayam di aneka macam acara krusial. Namun kini kuliner Ingkung Ayam pula mampu kita jumpai pada resto-resto akbar tentunya dengan harga yang tidak mengecewakan mahal.

Bagi anda yg ingin mencicipi kenikmatan Ingkung Ayam, saat ini sudah nir perlu risi harus menunggu usang sampai terdapat acara krusial baru ada dan nir perlu takut pula buat membayar mahal hanya demi ingin menikmati kelezatannya. Karena kami akan menyajikan resep lengkap & misteri masak bagaimana Membuat Ingkung Ayam yg empuk

Hanya di resepalmadiah.blogspot.com yang menyajikan resep-resep lengkap pilihan yang akan kami sajikan khusus untuk anda. Setelah kami berbagi Cara Membuat Bubble Drink Sehat Enak kini kami menyajikan Resep Masakan Nusantara. Silahkan simak Resep Ingkung Ayam berikut ini.

Resep Ingkung Ayam
Resep Ingkung Ayam

Bahan Ingkung Ayam :

  1. 1 ekor ayam kampung utuh
  2. 2 sdm air jeruk nipis
  3. 1 sdm garam
  4. 750 ml santan dari 1 butir kelapa
  5. 4 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu Halus Ingkung Ayam :

  1. 10 butir bawang merah
  2. 6 siung bawang putih
  3. 10 buah cabai merah keriting
  4. 5 butir kemiri, sangrai
  5. 4 cm kunyit, bakar
  6. 1 sdm garam

Bumbu Pelengkap Ingkung Ayam :

  1. 2 lembar daun salam
  2. 4 lembar aun jeruk purut
  3. 2 batang serai, memarkan
  4. 4 cm jahe, memarkan
  5. 4 mata asam jawa, seduh air panas, saring
  6. 4 sdm irisan gula merah

Cara Membuat Ingkung Ayam :

  1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan 15 menit. Cuci kembali hingga bersih.
  2. Sayat sedikit bagian paha ayam, masukkan salah satu ceker ayam ke dalamnya. Ikat kepala dan sayap ayam menggunakan benang kasur hingga kepalanya bisa tegak, sisihkan.
  3. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, daun jeruk, serai, dan jahe hingga harum.
  4. Masukkan ayam, santan, air asam, dan gula merah. Masak hingga ayam empuk, angkat.

Nikmati Ingkung Ayam selagi hangat dengan nasi uduk atau nasi putih yang pulen. Demikian Cara Membuat dan Resep Ingkung Ayam yang enak dan lezat. Anda dapat menyajikan Ingkung Ayam ini di berbagai momen penting anda atau sebagai sajian istimewa pada saat menghabiskan waktu wekeend bersama keluarga. Silahkan anda mencobanya di dapur kesayangan anda. Semoga bermanfaat.