Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Membuat Jelly Art Unik Mudah

Zaen Muhibulloh February 15, 2018 Resep Cemilan

Resep Membuat Jelly Art - Jelly Art berasal dari bahasa inggris yang dapat diartikan agar-agar bergambar. Jelly Art adalah kreasi baru dalam dunia kuliner yang sedang trend dan mulai ramai diperbincangkan dikalangan jelly and pudding lovers sejak beberapa tahun terakhir ini dan mulai booming di tahun 2013.

Asal mula Jelly Art yaitu menurut seni menghias jelly yang berasal berdasarkan Amerika Latin dimana mereka mempergunakan gelatin buat pembuatannya sehingga dinamakan Gelatin Art. Gelatin merupakan protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yg secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang misalnya ; ikan, sapi dan babi.

Gelatin yg diperoleh berdasarkan babi merupakan gelatin yg paling luas digunakan pada industri pangan

Karena kita orang Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama muslim sehingga mengutamakan semua jenis makanan yang halal maka kami memilih untuk mempergunakan Jelly yang bening berbahan dasar rumput laut yang tidak diragukan kehalalannya dan tentu saja kaya serat nabati yang baik untuk kesehatan.

Keunikan dari Jelly Art ini sendiri adalah tehnik dari pembuatan hiasan pada Jelly itu dengan cara menggunakan proses penyuntikan, baik itu hanya menggunakan jarum atau bisa menggunakan alat khusus yang dibentuk sesuai dengan bunga, kupu-kupu dll.

Warna yang disuntikan kedalam Jelly bening tersebut adalah hasil dari campuran Jelly, agar-agar dan susu UHT plus pewarna foodgrade seperti cap kupu-kupu atau merk mahal seperti Wilton. Bentuk-bentuk yang sering dibuat oleh para pencinta Jelly Art adalah aneka bunga seperti mawar, lili, krisan,dll juga kupu-kupu, ikan koi, burung dsb.

Sebenarnya tanpa mengikuti kursus ataupun pelatihan kita akan bisa membuat Jelly Art tersebut asalkan rajin membuka youtube atau artikel mengenai Jelly Art dan berlatih sendiri karena dengan peralatan yang seadanya pun kita bisa membuat Jelly Art tersebut.

Jelly Art selain tampilannya yang cantik dan rasanya yang unik, sangat cocok dijadikan hantaran lamaran, hantaran nikahan, kado istimewa, hidangan spesial di hari besar, dll. Cara Membuat Jelly Art memang membutuhkan banyak alat dan bahan, namun itu uniknya yang dapat memberikan tantangan tersendiri dalam membuat makanan dan melatih kesabaran serta ketelitian kita saat membuatnya.

Setelah kami berbagi Resep Serabi Solo Asli Enak Gurih salah satu kuliner tradisional, sekarang kami akan berbagi salah satu kuliner mdern yaitu Resep Membuat Jelly Art yang unik dan praktis. Kami akan berbagi Resep Membuat Jelly Art secara lengkap dan jelas hanya di resepalmaidah.blogspot.com yang selalu menyajikan berbagai resep pilihan nikmat. Berikut resep lengkapnya.

Resep Membuat Jelly Art
Resep Membuat Jelly Art

Alat Membuat Jelly Art :

  1. 1-2 bh Suntikan medis
  2. 1 bh pisau (digunakan sebagai tools pembentuk kelopak bunga)
  3. Alat tools lain seperti sedotan yg di bentuk seperti kelopak bunga, sendok kecil, dll
  4. 1 mangkok air hangat untuk membersihkan suntikan bila mau berganti warna
  5. Tissue dan sendok kecil buat membersihkan adonan warna yg berlebih keluar kala kita membuat motif
  6. Beberapa wadah mangkok tahan panas untuk adonan warna
  7. Kukusan untuk mencairkan adonan puding warna yang sudah mengeras

Bahan I Membuat Jelly Art (Jelly Bening) :

  1. 2 bks jelly bubuk instan (plain)
  2. 150 gr gula pasir
  3. 1200 ml air
  4. 1/4 sdt vanili

Bahan II Membuat Jelly Art (Untuk Motif) :

  1. 600 ml susu
  2. 3/4  sdt agar2 bubuk plain (saya pakai 1 sdt)
  3. 3/4 sdt jelly bubuk instan (saya pakai 1 sdt)
  4. 75 gr gula
  5. Pewarna secukupnya

Bahan III (Untuk Penutup Bekas Suntikan) :

  1. 800 ml air
  2. 1/2 bks agar-agar bubuk
  3. 1 sdt  jelly instan (nutrijell plain)
  4. 150 gr gula pasir
  5. 1/8 sdt garam

Cara Membuat Jelly Art :

  1. Masak semua Bahan 1 hingga mendidih.
  2. Angkat dan tuang dalam wadah yang tahan panas kemudian diamkan sampai puding dingin dan mengeras
  3. Setelah itu Masak Bahan II (untuk motif) hingga mendidih, angkat, dan tuang dalam beberapa wadah dan di beri pewarna sesuai keinginan.
  4. Sedot adonan warna tersebut dengan suntikan dan mulai dengan membuat putik pada tengah puding bening
  5. Setelah selesai membuat putik bersihkan suntikan dan sedot warna lain untuk membuat kelopak-kelopak bunga. Untuk membuat kelopak bunga ini bisa di bentuk menggunakan suntikan atau ditambah dengan memakai alat bantu tools seperti sedotan yang di bentuk model kelopak bunga, atau sendok teh, pisau, dll
  6. Setelah bunga jadi terakhir membuat daunnya dengan cara yang sama dengan membuat kelopak bunga tadi
  7. Setelah semua motif selesai sisihkan
  8. Masak Bahan III hingga mendidih, angkat dan tuang dalam mangkok puding yang sudah bermotif tadi. Ini berfungsi untuk finishing akhir dan menutup bekas suntikan yang terlihat kurang cantik
  9. Setelah semua selesai dingikan dalam kulkas
  10. Lepas kan puding dari mangkok setelah benar-benar dingin dan puding siap disajikan

Bagi anda yang gemar berkreasi, anda dapat membuat bentuk lain dari bahan yang sama. Demikian Cara Membuat dan Resep Membuat Jelly Art yang unik dan sederhana. Jangan lupa nantikan terus berbagai info masakan dari kami. Selamat mencoba dan semoga bermafaat

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Jelly Art Unik Mudah"

Website Instan