Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Rujak Serut Buah Segar Lezat

Zaen Muhibulloh February 20, 2018 Resep Cemilan

Resep Rujak Serut Buah - Sudah bukan rahasia lagi kalau makanan khas Indonesia memang enak dan lezat, cita rasa rempahnya sangat terasa sehingga dapat menjadikan semua bahan makanan terasa istimewa. Kreasi kuliner nusantara memang sudah tidak diragunakan lagi sejak jaman nenek moyang kita, dan dapat dikatakan bahwa keahlian kita dalam memasak adalah warisan nenek moyang.

Ada salah satu cemilan yang sangat menyegarkan apalagi kalau dinikmati saat siang hari, pasti anda ketagihan yaitu Rujak Serut Buah asli enaknya dan asli segarnya. Rasanya bisa dibilang nano-nano, karena didalamnya ada rasa manis, pedas, dan asin tapi tetap segar dan gurih. Rasa segar yang didapat dari sari rasa buahnya dan rasa gurih dari bumbunya sehingga kalau keduanya dipadukan pasti terasa lezatnya.

Rujak Serut Buah adalah salah satu kreasi rujak dari berbagai macam rujak di Indonesia, diantaranya ada rujak cingur, rujak bebek, rujak jihu, rujak buah dan sebagainya. Rujak Serut Buah terbuat dari berbagai macam buah yang segar kemudian di serut dan disiram atau di satukan dengan sambal kacang. Buah yang digunakan terserah sesuai keinginan anda.

Biasanya Rujak Serut dikreasikan dengan es krim sehingga jadi nama Rujak Es Krim, namun pada dasarnya Rujak Serut Buah itu digunakan untuk acara sakral seperti acara mitoni atau selaatan 7 bulan sijabang bayi di dalam kandungan ibunya, adat seperti ini masih digunakan di sebagian besar Pulau Jawa. Menurut filosofi, kalau rasa Rujak Serutnya asin berarti anaknya lelaki, tapi kalau rasa Rujak Serutnya hambar berarti anaknya perempuan. Kita boleh mempercayainya , boleh juga tidak, karena hal tersebut adalah kepercayaan yang diwariskan oleh nenek moyang kepada kita jadi secara logika blm ada pembuktian nyata tentang kebenaran filosofi tersebut.

Di wilayah Indonesia memang tak jarang penjual yang menyajikan menu rujak, namun kebanyakan adalah menu rujak cingur, rujak es krim, dan rujak buah biasa, bukan Rujak Serut Buah, sehingga kali ini kami akan berbagi Resep Rujak Serut Buah istimewa untuk anda di rumah. Bahan dan cara membuatnya sangat gampang, anda tidak perlu bingung harus membeli bahannya dimana karena di pasar maupun toko buah sangat banyak dan mudah dijumpai.

Rasa Rujak Serut Buah selain enak dan segar juga sangat menyehatkan karena banyaknya kandungan vitamin dari buah-buahan yang dipakai. Bagi para pecinta rujak, silahkan tetap stay tune di zonamakan.blogspot.com untuk menyimak resep-resep dari kami. Berikut resep istimewa yaitu Resep Rujak Serut Buah yang segar dan lezat.

Resep Rujak Serut Buah
Resep Rujak Serut Buah

Bahan Rujak Serut Buah:

  1. 1 buah (200 gram) mangga mengkal, serut
  2. 2 buah ketimun, kupas, buang biji, serut
  3. 100 gram bengkuang, serut
  4. 100 gram pepaya mengkal, serut
  5. 2 buah kedondong, serut
  6. 200 gram jeruk bali, kupas, suwir-suwir

Bahan Sambal Rujak Serut Buah:

  1. 3 buah cabai rawit merah
  2. 1/2 sendok teh terasi goreng
  3. 1/4 sendok teh garam
  4. 200 gram gula merah
  5. 50 gram kacang tanah kulit goreng
  6. 50 gram nanas, serut
  7. 1 sendok makan air asam jawa, dari 1 sendok teh asam jawa dan 50 ml air

Cara Membuat Rujak Serut Buah:

  1. Sambal, ulek cabai rawit merah, terasi, garam, dan gula merah. Tambahkan kacang tanah. Ulek kasar.
  2. Masukkan nanas dan air asam jawa. Ulek rata.
  3. Rujak, campur jeruk bali, mangga, ketimun, bengkuang, pepaya mengkal, dan kedondong. Aduk rata. Tambahkan bahan sambal. Aduk rata. Diamkan 1 jam hingga bumbu meresap.
  4. Sajikan dingin.

Bagi anda yang tidak menyukai pedas, anda dapat memberi cabainya sedikit saja sesuai selera anda dan anda juga dapat memilih buahnya sesuai selera anda tidak harus mengikuti bahan dan takaran resep diatas. Demikian Cara Membuat dan Resep Rujak Serut Buah dari kami. Selain resep rujak ada juga Resep Wedang Uwuh Asli Imogiri Yogyakarta yang sehat dan menyegarkan juga. Silahkan mencobanya. Semoga bermanfaat

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Resep Rujak Serut Buah Segar Lezat"

Website Instan