Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep Steamboat Lengkap Ala Korea

Zaen Muhibulloh February 16, 2018 Resep Masakan Korea

Resep Steamboat - Steamboat merupakan makanan yang berasal dari negeri tembok raksasa yaitu Cina yang dibuat dari berbagai jenis sayur dan daging. Namun kebanyakan orang mengira bahwa makanan Steamboat berasal dari Korea atau Jepang, karena di dalam adegan film-film Korea kebanyakan sedang memakan Steamboat.

Keunikan dari Steamboat yaitu cara penyajiannya yang berbeda dengan makanan-makanan lainnya. Penyajian Steamboat yang asli adalah semua bahan isi disajikan secara mentah, dan di atas meja juga disajikan panci berisi air, serta kompor kecil sehingga pelanggan harus memasaknya sendiri di atas meja. Setelah air mendidih, maka bahan isi seperti sayur dan sebagainya dimasukkan secara bersamaan dan tunggu beberapa saat hingga bahan isi matang.

Keunikan yang dihadirkan dari Steamboat membuat banyak orang penasaran, terutama orang Indonesia yang sedang demam film Korea dan Jepang tentu sangat menggilai menu-menu makanan yang ada di dalam film tersebut juga. Hal ini terbukti dari mulai erkembangnya resto-resto ramen ala Korea dan Jepang di kota-kota besar maupun kecil.

Penyajian Steamboat di Indonesia sedikit berbeda dengan penyajian Steamboat di Cina, Korea atau Jepang. Kalau penyajian Steamboat di Indonesia, semua bahan isi sudah dimasukkan ke dalam wadah besar dan sudah matang komplit dengan kuah, hanya saja tetap di sediakan kompor kecil dengan tujuan untuk memanaskan Steamboat di atas meja makan yang sudah dimasak oleh penjual.

Bagi anda yang belum pernah merasakan masakan Steamboat, rasanya sangat segar dan enak. Dan sangat menyehatkan karena sayuran yang digunakan harus segar dan daging yang digunakan juga tentu yang segar dengan tujuan untuk menciptakan rasa yang lezat.

Musim hujan seperti saat ini sangat cocok menikmati Steamboat sebagai santapan makan malam. Setelah memakan Steamboat enaknya menyantap Tteokbokki yang pedas mantap. Sekali-kali menikmati santapan ala-ala film Korea tentu memberikan suatu sensasi yang berbeda.

Bahan yang digunakan untuk membuat Steamboat memang sedikit ribet, namun cara pengolahannya sangat mudah dan praktis. Kami memiliki Resep Steamboat yang legkap, sehingga anda dapat membuat Steamboat sendiri di rumah dengan hasil yang memuakan.

Di resepalmaidah.blogspot.com kali ini akan kami hadirkan Resep Steamboat yang lengkap dan lezat. Silahkan sediakan semua bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat Steamboat kesukaan anda. Berikut Cara Membuat Steamboat secara lengkap dikemas dalam Resep Steamboat enak dan segar.

Resep Steamboat
Resep Steamboat

Bahan Kaldu Steamboat :

  1. 500 gr paha ayam ras
  2. 4 liter air
  3. 2 ½ sdt garam
  4. 2 sdt gula pasir
  5. 1 ½ sdt merica bubuk
  6. 3 batang serai, memarkan
  7. 5 cm jahe, memarkan
  8. 2 siung bawang putih, memarkan
  9. 1 lembar daun jeruk
  10. 4 buah cabai merah kering

Bahan Isi Steamboat :

  1. 300 g fillet daging ayam
  2. 200 g daging sapi bagian has dalam, iris tipis
  3. 100 g udang galah, kupas, belah punggungnya, sisakan ekornya.
  4. 100 g cumi, potong kotak ukuran 3 x 3 cm
  5. 1 buah tahu putih, potong dadu 2, goreng setengah matang, tiriskan
  6. 3 batang bawang daun, iris serong
  7. 2 ikat (150 g) daun bayam, cuci bersih, petiki daunnya
  8. 200 sawi putih, cuci bersih, potong-potong 5 cm
  9. 200 g suun
  10. 200 g mi hongkongatau mie bihun

Cara Membuat Steamboat :

  1. Kaldu: Rebus paha ayam bersama air di atas api sedang hingga mendidih, sambil dibuang bagian lemak yang mengapung di permukaan air kaldu. Kecilkan api, masak terus selama 1 jam hingga kaldu ‘keluar’. Angkat, saring.
  2. Masukkan sisa bahan kaldu, aduk rata. Masak kembali di atas api sedang hingga mendidih, angkat. Tuang ke dalam panci steamboat.
  3. Penyajian: Siapkan kompor gas kecil di atas meja makan. Letakkan panci steamboat berisi air kaldu di atasnya. Masukkan bahan isi ke dalam panci, masak selama 1 menit hingga matang. Sajikan panas.

Catatan Steamboat :

  1. Mi hongkong disebut juga mi telur. Warnanya kuning terang, dengan ukuran lebih kecil dari mi ayam. Dijual dalam kemasan plastik di supermarket besar.
  2. Resep di atas untuk 6 porsi Steamboat

Nikmati Steamboat ddalam keadaan panas karena akan terasa sangat nikmat. Demikian Cara Membuat dan Resep Steamboat secara lengkap dan praktis. Jangan lupa simak juga Resep kami lainnya yaitu Resep Zuppa Soup Lengkap Ala Italia yang sedang naik daun di dunia kuliner. Nantikan juga resep-resep unik dan lezat lainnya bersama kami. Tentunya akan ada resep-resep terkini maupun terlama yang akan kami hadirkan untuk anda. Selamat mencoba segala resep dari kami. Semoga bermanfaat

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Resep Steamboat Lengkap Ala Korea"

Website Instan