Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Cara Membuat Terong Balado Pedas Enak

Zaen Muhibulloh February 09, 2017 Resep Masakan Nusantara

Cara Membuat Terong Balado - Kreasi masakan Nusantara yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita adalah Terong Balado. Rasanya yang nikmat dan Cara Membuat Terong Balado juga sangat mudah menjadikan makanan ini kesukaan banyak orang. Selain itu Terong juga merupakan salah satu sayuran yang menyhatkan bagi tubuh, sehingga baik dikonsumsi setiap harinya. Seperti yang pernah dijelaskan kami sebelumnya yang menjabarkan apa saja Manfaat Terong bagi tubuh kita.

Terong dapat diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat dengan berbagai perpaduan bumbu dan aneka sayuran lainnya, seperti salah satu contohnya Resep Terong Goreng Tepung Gurih Renyah yang bisa Anda nikmati dengan olahan Terong Balado Pedas. Di kesempatanp kali ini Zona Makan akan berbagi resep Cara Membuat Terong Balado yang pedasnya terasa dan enaknya tiada tara.

Bahan dan bumbu yang digunakan sangat mudah dicari dan harganya terjangkau. Dengan menggunakan bahan pokok Terong, kami memilih untuk memakai Terong Ungu. Karena Terong Balado menggunakan Terong Ungu rasanya lebih enak dibandingkan menggunakan Terong Hijau. Bagi Anda yang belum pernah mencoba memasak Terong Balado, tidak perlu khawatir akan agagal mamasaknya, karena Cara Membuat Terong Balado sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

Cara Membuat Terong Balado memiliki beberapa trik yang harus kita cermati, yaitu sebelum kita memasaknya, Terong harus digoreng terlebih dahulu dan agar bumbu meresap kedalam masakannya maka ungkep Terong Balado dengan kuah air yang lumayan banyak pada saat proses memasak. Tentu bagi para ahli masak sudah mengetahui cara ini. Resep sederhana yang memiliki cita rasa luar biasa.

Keuntungan yang kita peroleh ketika kita memasak sendiri di rumah adalah, kita dapat mengontrol rasa sesuai selera kita, dan yang paling penting kita dapat memilah dan memilih bahan bahan yang akan digunakan serta tingkat kehigienisan masakan yang akan kita olah. Sehingga kita dapat lebih menjaga diri sendiri serta keluarga dari makanan makanan yang berbahaya bagi tubuh.

Cara Membuat Terong Balado yang akan kami sajikan pada resep kali ini, segera kami ulas secara lengkap agar Anda dapat memahaminya dan mencobanya sendiri di rumah. Berikut resep lengkap bagaimana Cara Membuiat Terong Balado Pedas Enak yang akan sajikan untuk Anda. Silahkan simak resep berikut ini.

Cara Membuat Terong Balado
Cara Membuat Terong Balado

Bahan Cara Membuat Terong Balado :

  1. Siapkan 2 Buah Terong Ungu ukuran sedang
  2. Siapkan 1 Buah Bawang Bombay ukuran sedang (iris sesuai selera) (bila suka)
  3. Siapkan 5 Siung Bawang Merah
  4. Siapkan 2 Siung Bawang Putih
  5. Siapkan 7 Cabai Merah (pilih yang gemuk)
  6. Siapkan 8 Cabai Rawit (bila suka pedas)
  7. Siapkan 1 Butir Kemiri
  8. Siapkan 1 Ruas Jari Terasi (goreng sebentar saja)
  9. Siapkan Garam secukupnya
  10. Siapkan Gula Merah secukupmya
  11. Siapkan Minyak Goreng Secukupnya
  12. Siapkan Air Putih 1 gelas besar atau secukupnya
  13. Siapkan Penyedap Rasa (saya pakai Masako Ayam)

Cara Membuat Terong Balado :

  1. Langkah pertama cuci bersih Terong Ungu, kemudian potong memanjang dengan besar sesuai selera, kulit jangan dikupas. Kemudian goreng Terong hingga kecoklatan, tiriskan.
  2. Langkah kedua, bersihkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih kemudian rebus hingga terlihat melunak. Angkat dan tiriskan.
  3. Langkah ketiga, Uleg cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih yang sudah direbus tadi bersamaan dengan garam, dan terasi yang telah digoreng, serta kemiri. Uleg hingga halus dan merata.
  4. Langkah keempat, siapkan wajan berisi minyak goreng secukupnya untuk memasak, kemudian masukkan bawang bombay yang telah di iris hingga harum, lalu masukkan bumbu halus, aduk hingga merata dan harum, selanjutnya masukkan gula merah secukupnya, aduk dan masukka air putih, kemudian aduk lagi hingga merata dan mendidih.
  5. Langkah kelima, masukkan penyedap rasa, aduk hingga merata, lalu koreksi rasa, apabila kurang manis, kurang asin maka segera tambahkan gula atau garam. Jika rasa sudah sesuai selera segera masukkan Terong Ungu yang telah digoreng tadi, aduk hingga merata, kemudian ungkep dengan cara menutup wajannya dengan tutup panci, tunggu beberapa detik hingga air mulai menyusut. Jangan lupa sembari dilihat dan diaduk agar bumbu tercampur merata.
  6. Jika kuah sudah mulai menyusut atau tersisa sedikit, maka matikan pi dan segera sajikan menggunakan piring saji yang cantik. Hias masakan Anda agar lebih menggoda selera.

Demikian Resep Dan Cara Membuat Terong Balado Pedas Enak Ala Zona Makan yang dijamin menggugah selera nafsu makan Anda semua. Nantikan kreasi masakan kami dilain waktu dan jangan lupa coba juga Resep Sarden Kaleng Spesial Tomat Pedas tanpa ada rasa amis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Terong Balado Pedas Enak"

Website Instan