Resep Kue Kamir Empuk Enak, Dorayaki Jawa

Zaen Muhibulloh November 01, 2017 Resep Kue

Resep Kue Kamir - Kue Kamir adalah salah satu Resep Kue Tradisional yag masih terlestarikan hingga sekarang. Resep Kue Kamir berasal dari daerah Palembang yang merupakan Kue Tradisional yang terbuat dari adonan tepung terigu dengan campuran ragi instan. Oleh karena itu Resep Kue Kamir disebut juga sebagai Resep Kue Fermentasi karena terbuat dari campuran ragi dan ada juga yang menambahkan tape untuk membantu fermentasi Kue menjadi lebih sempurna.

Cetakan yang dibentuk buat Membuat Kue Kamir sama seperti cetakan Kue Lumpur atau Kue Carabikang yaitu cetakan bulat yang berisi lima bundaran kecil didalamnya. Apabila dirumah tidak mempunyai cetakannya, anda sanggup merubahnya memakai teflon bulat yang berukuran telor dadar. Hanya saja waktu membuat Kue Kamir wajib satu per satu. Cara Membuat Kue Kamir sangat mudah & seluruh bahan yang dibutuhkan daam Resep Kue Kamir jua gampang buat pada cari dan didapat pada banyak sekali toko kue atau supermarket.

Bagi sebagian anak muda jaman sekarang yang telah tercemar menggunakan kuliner modern setiap harinya, ada kemungkinan tidak tau apa itu Kue Kamir, tanpa beliau sadari bahwa saat mereka nongkrong pada cafe ternyata mereka memesan hidangan Kue Dorayaki Spesial, nah padahal yang namanya Kue Dorayaki dalam Indonesia yg akhir-akhir ini sedang nge hits adalah nama lain dari Kue Kamir atau bisa dibilang anaknya Kue Kamir lantaran bahan yang digunakan sama

Tapi sebenarnya Kue Dorayaki di Indonesia memiliki 2 arti yang berbeda yaitu pertama Kue Dorayaki di Indonesia di adaptasi dari makanan kesukaan tokoh kartun doraemon, dan yang kedua Kue Dorayaki di Indonesia diadaptasi dari Resep Kue Kamir yang diganti nama keren seperti nama makanan jepang. Apapun itu, darimanapun asal Kue Dorayaki ataupun Kue Kamir yang jelas kedua Kue ini memiliki banyak kesamaan dan sedikit perbedaan tapi masalah rasa jelas sama enaknya.

Biasanya Kue Kamir dijual pada pagi hari dan malam hari karena saat suasana dingin menjadi momen yang pas untuk menikmati Kue Kamir. Satu Kue Kamir dengan rasa original atau tanpa isi harganya 800 sedangkan dengan isi seperti coklat, kismis, keju harga sekitar 1000.an. Penjual Kue Kamir biasa menjajakkan dagangannya dengan cara membuka lapak di emper-emper toko di pasar tradisional atau di kota. Bagi anda yang gemar jalan-jalan pagi atau gemar begadang dan berkumpul bersama teman saat malam hari, anda dapat bejelajah kota anda untuk mencari Kue Kamir namun bagi yang susah mencari Kue Kamir tapi ingin menikmati kelezatan Kue Kamir maka tidak ada salahnya untuk membuat Kue Kamir sendiri di rumah.

Pembuatan resep Kue Kamir dengan tepat akan menghasilkan rasa yang lezat. Oleh karena itu anda perlu tau bahan lengkap dan bagaimana Resep Kue Kamir yang benar sehingga dapat menciptakan Kue Kamir dengan rasa yang enak, tekstur yang lembut dan Kue yang empuk. Kami dari resepalmaidah.blogspot.com akan menghadirkan Resep Kue Kamir yang empuk dan enak untuk anda. Berikut Resep Kue Kamir secara lengkap.

Resep Kue Kamir
Resep Kue Kamir

Bahan Resep Kue kamir :

  1. Siapkan Tepung terigu ½ kg
  2. Siapkan 2 butir telur
  3. Siapkan 1 sendok teh Ragi Instan
  4. Siapkan 40 ons Gula pasir
  5. Siapkan Air 250 cc atau secukupnya
  6. Siapkan Garam secukupnya
  7. Siapkan Vanili bubuk 1/2 sdt
  8. Siapkan Soda kue 1 sdt
  9. Siapkan Tape singkong 1/2 ons dengan buang seratnya terlebih dahulu

Cara Membuat Resep Kue kamir :

  1. Pertama-tama kocok telur hingga mengembang
  2. Kemudian masukkan gula pasir, soda kue, ragi instan, vanili bubuk dan juga tape singkong menjadi satu. Aduk hingga rata.
  3. selanjutnya tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit kemudian aduk sampai tercampur rata menggunakan menggunakan tangan.
  4. Setelah merata, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga diperoleh adonan Kue Kamir yang lembut.
  5. Diamkan adonan selama 10 jam atau semalam (adonan ditutup dengan kain bersih).
  6. Setelah 10 jam siapkan cetakan Kue Kamir olesi dengan margarin lalu tuangkan satu sendok sayur adonan kue kamir ke dalam cetakan.
  7. Panggang dengan menggunakan api yang kecil saja, pada saat bagian bawahnya mengeras dan mengeluarkan gelembung baliklah kue kamir.
  8. Agar kamir tebal adonan biarkan tanpa ditekan sampai kue kamir matang dengan sendirinya.
  9. Jika matang kemudian angkat, Lakukan proses pemanggangan sampai adonan habis.
  10. Sajikan kue kamir selagi hangat.

Nikmati hidangan spesial anda dengan secangkir Kopi Hitam Nikmat Ala Cafe sebagai pelengkap bersantai anda.