Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia

Resep masakan Indonesia: Cara Membuat Onde Onde Mudah dan Nikmat

Pembelajaran PAI March 20, 2017 Cara Membuat

Cara Membuat Onde Onde - Siapa yang tidak kenal dengan jajanan tradisional yang satu ini. Dari namanya yang unik onde onde sudah membuat orang penasaran, lalu bagaimana dengan rasanya? Yak, tentu saja rasa khas tradisional jajanan ini sangat melekat kenyal dengan isi kacang hijau lembut membuat onde onde ini banyak diminati oleh banyak orang. Bagaimana cara membuatnya?

Nah, dibawah ini adalah cara membuat onde onde mudah dan nikmat yang bisa anda coba.

Resep Membuat Onde Onde Nikmat

Cara-Membuat-Onde-Onde

Bahan Isi Onde Onde :

  • Kacang hijau kupas  250 gr
  • Garam 1/2 sdt
  • Gula pasir 100 g
  • Vanilli bubuk 1/4sdt

Cara Membuat Isi Onde Onde :

  1. Rendam kacang hijau kupas selama 4-5 jam. Lalu cuci dan bilas hingga bersih.
  2. Kukus kacang hijau yang telah dicuci tadi hingga empuk. Kemudian tumbuk halus selagi panas sambil tambahkan gula, vanili dan garam kemudian aduk hingga rata.
  3. Ambil secukupnya kemudian bentuk bulatan bulatan kecil, sesuaikan dengan ukuran ukuran onde onde yang ingin kita buat. kemudian sisihkan.

Bahan Kulit Onde Onde :

  • Beras ketan 500 g tepung
  • Tepung beras 75 g
  • Gula pasir 250 g
  • Air hangat 150 ml
  • Garam 1 sdt
  • Vanilla bubuk 1/2 sdt

Cara Membuat Kulit Onde Onde :

  1. Campurkan kedua tepung beras, vanili dan garam sambil diaduk hingga rata.
  2. Perlahan demi perlahan tuangkan air panas sambil terus diaduk, hentikan penambahan air jika sekirannya adonan sudah dianggap kalis dan bisa dibentuk.
  3. Ambil 2 sendok makan adonan lalu pipihkan dan bikin cekungan ditengahnya, kemudian letakkan isian kacang ijo yang telah di buat sebelumnya, kemudian tutup adonan dan putar ditelapak tangan hingga menyerupai bola, lakukan hal ini hingga adonan habis.

Bahan Finishing Onde Onde :

  • Wijen 200 g
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Mengoreng Onde Onde :

  1. Ambil onde onde setengah jadi tadi kemudian celupkan kedalam air dingin
  2. Kemudian gulingkan onde onde yang basah tersebut diatas piring yang berisi wijen, gulingkan hingga merata dan wijen menutupi permukannya, kemudian pinggirkan sejenak
  3. Siapkan wajan dengan minyak yang telah dipanaskan, gunakan api sedang agar onde onde tidak cepat gosong sebelum matang.
  4. Masukkan onde onde siap goreng tersebut, dan goreng hingga berwarna kuning keemasan, dan usahkan jangan terlalu sering dibalik, agar wijen tidak rontok dan terlepas.
  5. Lalu angkat dan tiriskan. Resep onde onde Kacang Hijau yang Enak dan Simpel pun telah jadi dan siap untuk menemani anda dalam meminum teh atau kopi.

Itulah cara membuat onde onde mudah dan nikmat yang bisa anda coba sendiri dirumah. Untuk membuat onde onde tersebut sangat mudah sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selamat mencoba.

Mang Aip
Mang Aip Semoga Hari Esok Menjadi Lebih Baik

Posting Komentar untuk " Resep masakan Indonesia: Cara Membuat Onde Onde Mudah dan Nikmat"

Website Instan